About

Monday, 22 December 2014

one day trip"kawah putih & situ patenggang "

Bandung  lagi bandung lagi…!!! Yups..backpacker kali ini ke bandung dengan destinasi kawah putih . mumpung libur 3hari mending refresh mind. One day trip gue lakukan bersama temen kerja si fredy. Start dari jababeka  dengan bis primajasa dengan jurusan bandung dengan ongkos 52 ribu. Sebelum naik bbm sech hanya 42 ribu. Perjalanan di mulai pukul 6 pagi teng. Ya..primajasa tepat waktu walau pun penumpang belum penuh juga. Perjalanan 3 jam gue lalui .sesampai di terminal leuwi panjang  kami berdua hanya bisa tengok kanan kiri soalnya kami berdua ga pernah menginjak tanah terminal leuwi panjang. Gaya cuek ajalah…mapir sebentar di kamar mandi sekedar buang air kecil ama cuci muka di lanjut pemburuan kuliner untuk memenuhi perut yang keroncongan . akhir nya  gue putusin makan bubur ayam. Yang tanpa kuah khas bandung. Makan kelar ,,bayar .sambil bayar gue basa basi Tanya arah ke kawah putih naik bis apa bayar berapa?? Ya..sambil menyelam minum air..ckcck. informasi udah gue dapat tinggal jalanin aja. Oke bu thankyou atas info nya. Lanjut jalan ke pangkalan angkot sejenis elf.gue piker angkotnya gede trus bersih..eh ternyata dugaan gue tak akurat. Yang ada angkot nya seperti opletnya si sidoel anak betawi asli.tampilan nya unik mesinya berisik banget, plus penumpangnya berjubel di dalam .sumpek bin ampek. Nunggu penumpang penuh kalo ga penuh ga bakalan jalan.15 menit an nunggu akhirnya jalan juga menuju terminal ciwidey dengan ongkos 12 ribu per orang.lumayan juga perjalannya ke ciwideynya sekitar satu jam . di terminal ciwidey lanjut ke kawah putih dengan angkot warna kuning.pas turun di terminal ciwidey sudah banyak bapak bapak yang nawarin jasa ke kawah putih. dari Pada bingung mending mending langsung naik ke angkotnya.lagi lagi nunggu sampai penuh baru jalan..hmmm lama juga nyampai nya kalo kaya gini trus.Cuma baru ada 4 penumpang gue, fredy dan 2 cewek yang dari jakarta.  Akhirnya si supir menawarkan paket wisata ke kawah putih dengan semua fasilitas. Mulai dari bayar angkutan bolak balik kawah putih, ticket masuk, bayar ontang anting ( semacam angkot khusus untuk meuju kawah putih),trus ke situ patenggang + ticket masuk juga. Dan mau menunggu semau kita ,mau pulang sore ..malam. pagi lagi..hahaa ngak lah kalo nyampe pagi...emang mau nyari apaan aja kalo sampe pagi lagi...haaaaa.. Dengan paket semua nya kita di suruh bayar 150 rb. Kami berempat sempat tawar menawar dengan argumentasi kita masing masing dan si supir pun tetep enggan beralih dari 150 ribu nya. Akhirnya kita berunding ..ya gue sich terserah cewe2 nya..klo oke..gue sech oke .tapi bukan modus yaaa….!!! Kalo dipikir mending model carteran gitu lah. Soalnya disamping ga ribet yang paling penting waktu. Yang gue kejar.soalnya perjalan kali ini Cuma #onedaytrip.
Oke deal kedua belah pihak tapi ga pake dp dulu, kata supirnya bayar nya pas balik aja. Come on pak supir jalan ajal lah,,,!! Seperti naik mobil pribadi haaaa…ya iyalah ,,lah wong angkot biasanya di isi 12 orang Cuma kita berempat aja.kan jadi leluasa di dalam . jadi angkot rasa mobil pribadi. Perjalanan menajak dan udara mulai kerasa dingin ,kanan kiri jurang.dan pepohonan yang rindang . pemandangan yang indah. Wazzz…wuzzz..kelak kelok jalanan si supir melaju kencang dengan kendaraannya bagaikan naik lamborgini,,nya syahrini..wadowww…!! sesuatu .....sesekali kejedot tuch kepala.!!
Akhirnya nyampe juga di kawah putih. Langsung saja siap siap explore si kawah .sebelumnya kami sepakat dengan 2 cewek tadi untuk kumpul lagi jam 1 siang untuk perjalanan selanjutnya. Alkhamdulilah,,lihat kawah putih juga…(norak ya,,!!) ya maklum baru pertama sech..harap maklum ya??.
Jam 11 siang tiba di kawah putih, jam segitu masih sepi pengunjung soalnya pas mau naik kawah nya belum begitu padat baget .jadi kita bisa lebih explore dan jepret jepret  dengan puas.

kawah putih-bandung




Dikawah putih gue habikan 2 jam, ya walaupun ada larangan maksimal waktu  pengunjung 20 menit. Cuaca luayan bagus pas gue kesitu .kadang kadang mendung kadang panas memeberikan efek keindahan tersendiri. Kalo pas matahari kelihatan mentereng air kawah akan berubah menjadi biru tosca menyala. Subhanallah..indahnya.ciptaanMu ya Robb.sempet naik ke atas soalnya masih penasaran yang ada di situ ada apa saja sech..dari pada penasaran mending langsung ke tkp. Eh pas nanjak gerimis pun turun..ya tetep lanjut  jalan , udah nanggung.di jalan sempet lihat goa. Engak tau itu goa apaan pas lewat di depannya ada tulisan “ jangan berlama lama di depan goa berbahaya” ih ..jadi merinding..sumpeh. !!! tapi gue mencoba abadikan moment di depan goa dengan berfoto .*eksissstttt..jepret.


Pas nyampe di atas ternyata sama aja pemandangannyaa.Cuma beda view aja. Akhirnya aku putuskan keluar dari kawah putih. Perjalanan keluar berjubel  dengan orang orang yang baru dateng untuk ke kawah putih. Di arah  pintu masuk/keluar ada seorang bapak yang main kecapi . merdu dan bagus banget mainnya. Ngeliat dulu ah,,sambil berfoto ria sama bapak nya.waktu menunjukan 1 siang saatnya kita standbay di angkutan. Eh sic ewe cewe sudah ada di angkut nunggui gue ama fredy. Hee,,kelamaan y..mba. ??kaga kok..katanya.sambil nada kecewa sech..kayanya.
Oke lanjut perjalanan dengan angkotan pribadi menuju situ patenggan. Ya kira kira 10 menitan ke tempat tujuan dari kawah putih. Kabut mulai turun jalannya pun mulai gelap dan gerimis. Sampailah di situ patenggang. Di situ ga terlalu rame seperti dikawah putih. Tempat nya bagus dan sejuk . laper,,ah jalan jalan mulu kaga makan..mamakn.perasaan. makan dulu fred,,oke lah.  Mau makan apa nech..ya beli gorengan aja ama lontong.15 ribu. Hujan pun turun dan gue putus kan untuk berteduh sambil makan gorengan. Waduh,,nikmatnya,,luar biasa,,!!  thanks god atas nikmatNya.
Perut kenyang fikiran pun tenang. Heee,,, lanjut .!!! di situ patenggang ada sebuah batu namanya batu cinta dan batu tersebut terletak di tengah-tengah situ. Katanya…katanya..nech..kalo ke batu cinta yang jomblo akan segera dapat jodoh. Dan yang pacaran katanya bakalan putus. Haa,,,boleh juga tuch..mumpung gue jomblo siapa tahu kalo abis ke batu cinta bakalan ada bidadri yang ngejar ngejar gue *mimpi di siang bolong*..haaa.!! bermodal penasaran gue dan fredy akhirnya coab ke batu cinta dengan perahu dengan tariff 25 ribu. Mahal sech..tapi buat pengalaman mah jangan pelit pelit.,ya ga…!!
Perahu pun di dayung ,,dan pyak pyuk pyak suara air , airnya begitu tenag pemandangan yang luar biasa kanan kiri bukit dan pegunungan pokoknya top markotop dech di situ patenggang. 5 menit sampai di batu cinta..langit pun gelap dan hujan pun turun dengan lebat. Eh jadi nunut ngiup di warung sambil makan coklat strowberry yang yummy.cuma 10 dapat 3,coba dech ntar kalo kesitu..segerr banget ..lumayan lama tuch hujan jadi ga bisa ke mana mana pas di batu cinta nya. Hanya melihat sebentar dan foto-foto trus balik lagi soalnya waktu pun sudah sore.

situ patenggang

 batu cinta- situ patenggang




jam 4 sore gue putuskan untuk sudahi petualangan di situ patenggang. seharian di bandung rasanya begitu kurang ,suasana sejuk membuat ingin berlama lama di kota kembang.
Perjalanan pulang Langsung ke terminal ciwidey dengan angkotan pribadi tadi.di lanjut ke terminal leuwi panjang .gue di terminal luewi panjang nyampe jam 6 petang. Pas nyampe, buru buru nyari bis primajasa .dari infonya sech primajasa jurusan bandung – jababeka Cuma nyampai jam 6 sore doank. Makanya gue dan fredy kwatir kalo ga dapat bis. Akhirnya dapat juga bis yang terakhir. Hanya selang beberapa menit langsung jalan. Untung dech…!! Perjalan bandung ke jababeka pun selamat sampai tujuan dan nyampe pukul setengan 10 malam.
Onedaytrip ke bandung penuh dengan pengalaman yang berbeda dan tak terlupakan.
Thank kawah putih-thanks situ patenggang –thanks bandung –thanks indonnesia - 

#THANKSGODIMHERE.


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More