About

Saturday, 2 July 2016

Mlaku Mlaku Nang Jogja "Backpackeran''

Libur telah tiba..libur telaaahhh tiba horeeeeee…!!! Horee..!!! hahaha… akhir tahun merupakan hari yang paling ditunggu tungu seorang buruh seperti saya .jiahhha,,,curhat. di akhir tahun tersebut kita bisa menikmati libur panjang dan pastinya bonus an akhir tahun. Dan kesempatan itu aku gunakan untuk backpackeran bareng temen. Rencana sudah di bikin sebulan sebelum akhir tahun. Dan untuk destinasi kali ini kita sepakat untuk ke jogja. Kita berangkat dari cikarang 4 orang . saya ,fredi ,maryono trus ama si lay (temen nya maryono ).kami berangkat naik bis. Ke jogja berhubung tiket kereta ke jogja nya sudah ludes duluan. Untungnya kereta yg balik dari jogja ke Jakarta masih ada jadi balik ke jogja nya kami pake kereta. Perjalanan bis jam 6 sore via jalur pantura. Lumayan lama perjalanan cikarang jogja hampir 15 jam an. Sampai di sleman jam 10 pagi ,akhir nya kita putuskan langsung menuju ke candi prambanan .soalnya kalo ke gunung kidul langsung ntar bolak balik . tanpa berfikir panjang kita langsung beli tiket masuk ke candi prambanan. Disitu kita di tawarin paket dengan harga 45 ribu sudah termasuk wisata candi ratu boko plus transportasi nya.
Kita pun langsung menuju ke candi ratu boko mumpung masih sepi dan bis yang akan membawa ke candi boko pun belum terlalu rame. Perjalanan dari prambanan ke candi boko sekitar 25 menit an. Sesampai di candi ratu boko kita di pake in semacam kain batik tanda penghormatan kaya nya sech..tapi keren lah. Baru pertama kali pakai kain batik. Suasananya candi ratu boko begitu asri dan sejuk karena terletak di dataran tinggi dan lumayan luas. Hanya bangunan bangunan semacam taman sech menurut saya. Denger denger kalo mau lihat sunset di candi ratu boko bagus baget view nya.tapi masa iya harus nunggu magrib . kita keliling sekitar candi ratu boko dan foto-foto .ada sebuah tempat kaya semacam sumur menurut saya dan disitu ada mitos barang siapa yang lempar coin atau duit terus minta sesuatu permintaan akan terkabul.
Puas keliling-keliling kita pun bergegas keluar candi ratu dan di depan sudah mulai rame dengan wisatawan .kami lanjut ke candi prambanan dengan shulter . sesampai di prambanan emang bener sudah rame banget . terik matahari sangat menyengat tapi tak menyurutkan niat ku untuk jalan–jalan memutari kawasan candi prambanan. Tercengan melihat bangunan yang dari dulu Cuma lihat dari tv ternyata lihat yang beneran. Kokoh tinggi dan penuh dengan sejarah memberikan magic sendiri candi prambana untuk kita kunjungi. Ajaib bener dah ah..bangunan tanpa semen dan di tata rapi lengkap dengan ukiran yang pas kanan kiri ,saya pun berfikir bagaiman cara membuat nya.yaa.??? bengong..hahah





Lama waktu yang kita kunjungi di prambanan seakan tak bosen untuk tetap disini. Lapar mulai menggila dan seakan tak bisa kompromi dengan nya. Kami memutuskan untuk makan siang dulu sebelum berangkat ke gunung kidul kerumahnya si maryono. Kebetulan si maryono rumahnya digunung kidul jadi kita bisa lebih mudah untuk explore dan tentunya bisa nginep juga sech..heheheh.
Saya pun tak ketinggalan cari makan khas jogja yaitu gudeg.  Akhirnya kita makan di kawasan wisata candi prambanan. Ah manteb lah..makanan enak dan pastinya kenyang. Efek dari semalem blom makan. Abis makan kita lanjut ke gunung kidul . dari prambanan ke pertigaan piyungan kita jalan kaki soalnya ga ada angkutan umum ya terpaksa jalan kaki setengah jam an. Pegel cuy,,!! Sesampai dipertigaan pun kita harus nunggu angkutan nya.beuuhh…!! akhirnya angkot pun ada tapi penampilan seperti oplet nya si mandra hahah..kaga lah. Agak kurang nyaman doank sech..perjalan naik angkot sangat unik dimana perjalanan hujan gede trus angkot nya bocor ,penuh penumpang. Kita berempat mata nya sudah ngantuk berat .akhirnya ketiduran . ga tahu angkot nabrak apa an tiba tiba kita terbangu dan bengong. Lucunya si lay bangun bangun kaya orang bego ,hp nya ilang..nyari nyari hp eh tahu tahu nya di bawah  jok nya sendiri dan itu yg nunjukin cewe lagi.haha serentak yang di angkot pun pada ketawa.bruakakaka,,,lay..lay.
Sampai dech angkot nya..hujan pun mulai deras .dan kita pun nunggu bis perempat untuk menuju gunung kidul .jauh juga toch .nunggu 10 menitan bis pun datang tapi penuh tapi mau gam au kita naik soalnya jarang banget bis nya. Perjalanan ke gunung kidul sangat tak membosankan walaupun sumpek dan bau tapi tak megurangi keindahan pemandangan sepanjang jalan. Pokoknya keren lah .
Jam 4 sore kita sampai dan di jemput bapaknya si maryono dan sudaranya dengan 2 motor. Kampong yang asri kampong yang nyaman itulah yang aku nikmati pas tiba di rumahnya si maryono. Di sambut dengan ramah orang orangnya. Istirahat sesampainya dirumah dan makan yach waalupun abis makan kita makan lagi factor paksaan sech. Tapi akhirnya makan juga. Hehe… abis makan mandi dan istirahat sejenak dan kita pun langsung explore gunung kidul ,soalnya aku ngak mau kalo Cuma santai santai doank .harus menikmati apa yang ada di gunung kidul.
Tempat pertama kita datangi adalah embung nglanggeran gunung api purba. Untuk menikmati sunset . kami berempat berangkat dengan 2 motor saya bocengan dengan lay dan si fredy dengan maryono. Trek nya lumayan menantang . jalan bebatuan dan menanjak memberikan sensasi tersendiri. Di tambah motor yang shock nya mati jadi terasa naik apaan gitu..?? hehe tapi keren keren..
Disitu Cuma bayar parkir 2 ribu kalo ga salah dech buat tiket masuknya. Hari mulai gelap kita pun langsung bergegas naik ke atas untuk menikmati sunset nya. Dan yang ditunggu pun datang , pertunjukan yang di sutrdarai Tuhan pun di mulai. Langit memerah sang surya mulai tengelam dan terlihat lah sunset yang begitu sempurna. Subhanallah..merinding saya melihat nya. Baru pertama kali saya melihat sunset yang sesempurna ini. Thanks GOD.




Moment yang tak bisa ku lupakan .dan sulit untuk dilupakan. Tak ketinggalan pula ku abadikan dengan kamera slr tentunya. Walaupun hari sudah gelap tetap stay di situkami berempat. Sekan berat untuk melangkahkan kaki nya untukmeninggalkan si embung nglanggeran.
Malam pun berganti gerimis pun mulai menemani dan kita langsung menuju bukit  bintang atau hargo dumilah kata orang-orang setempat. Simaryono saja orang gunung kidul gak tahu bukit bintang tapi tahu nya hargodumilah.
Dari nglanggeran ke bukit bintang sekitar setengah jam perjalanan. Sampailah kita dibukit bintang . tidak terlalu rame sech atau mungkin karena habis hujan kali ya. Tapi sech menurut ku mending sepi jadi bisa menikmati nya. Di bukit bintang kita bisa melihat dari atas kota jogja dengan berjuta gemelap cahaya yang warna warni .suasana yang dingin dan sepi pas buat merefresh otak yang stress..
Disamping bukit bintang terdapat landmark nya gunung kidul pas banget yang suka foto-foto. Pokoknya di jamin puas dech…
Pukul 10 malam akhirnya kita memutuskan untuk balik soalnya besok ada misi yang harus kita selesaikan
Hari kedua pertualangan dan explore gunung kidul di mulai. Jam 8 pagi sudah siap –siap  dengan segala perlengkapan yang akan kita bawa . motor 2 sudah standby yang akan kita gunakan untuk menjelajah. Saran pagi dan secangkir the hangat memerikan semangat untuk bekal.heheh..
Perjalanan di mulai ke goa pindul. Goa yang satu ini lagi ngetrend di dunia backpacker .makanya penasaran . cuz …dengan modal semangat kita melaju dengan sepeda motor, maryono sebagai pemandu jalan . tapi sech sedkit kurang paham menurut saya.soalnya dia ga tahu persis tempat goa pindul. Lumayan jauh sech dari  rumah nya maryono ke goa pindul. Di tengah perjalanan ada seorang yang nanya ‘ mas..mau ke pindul ya?? Kata saya ya..emang kenapa mas? Ngikut saya saja. Begitu si mas –mas berbicar. Akhirnya kita berhenti sejenak dan si mas nya nawarin ke goa pindul dengan jalan yang cepat. Saya Tanya katanya si mas Cuma ngasih info dang ga mau di bayar. Dan dia mau mengantar kita ke goa pindul. Akhirnya kita setuju dan dai antar lah kita ke goa pindul. Dengan jalan pintas melewati jalan yang jarang orang lewati. Dan memang lebih cepet dari yang kita duga. Sesampainya di tempat kita di antar ke tempat informasi dan di daftar kan pula. Sampai di situ si mas pergi lagi dan saya banyak ucapkan terima kasih. Begitu baik nya si mas tadi yang mengantarkan kita ke tempat tujuan. Aku fikir dia seperti calo yang mengantarkan ke tempat tujuan eh..ternyata saya salah sangka. Lanjut lah,,,
Dengan biaya 85.000 kita bisa menikmati rafting di goa pindul dan kali oyyo. Sambil nunggu di panggil kita siap –siap untuk ke goa pindul. Dengan peralatan dan perlengkapan rafting kita langsung ke goa pindul. Ternyata di mulut goa sudah banyak orang yang ngantri mau masuk ke goa pindul. Rame banget ..apalagi sekarang musim liburan jadi wajarlah.
System nya mau ke goa jadi 1 rombongan beranggotakan 10 orang dengan 1 pemandu. Jadi memudahkan kita untuk melintasi dalam goa. Perjalanan rafting pun di mulai dengan menggunakan ban dan saling berpegangan erat 1 sama lain kita melintasi dalam goa. Di dalam goa jalan pun semakin menyempit dan gelap. Banyak kelelawar juga di dalam. Kedalaman goa pun bervariasi dan yang paling dalam 12 meter dan posisi nya pun pas ada penyempitan. Wow..dalam juga. Pas ditengah –tengah goa terdapat lubang yang tembus langsung dari luar sehingga pas disitu kita bisa menikmati sinar matahari langsung dan itu keren banget. Disitu pun pernah buat syuting iklan djarum super. Tapi sayang pas saya ke situ air nya warna agak coklat soalnya semalem hujan. Kalo lagi musim kemarau warna air nya hijau payau dan itu keren banget. 1 jam perjalan menyusuri goa pindul kita pun bergegas ke kali oyyo untuk rafting. Jarak dari goa pindul ke kali oyyo lumyan jauh sehingga kita menggunakan mobil box .jalannya lumyan ektrim dan becek serta licin memjadikan perjalan lebih seru. Samapi dech di kali oyyo dan arusnya kenceng banget tapi tetep aman buat rafting. Ada kejadian aneh ada anak –anak bayi yang ikut rafting dan kejadian nya pun mengerikan. Si anak itu lepas dari ban nya dan terseret arus yang kenceng. Untuk ada pemandu yang sigap menangkap tuch bocah. Ga abis pikir ngapain orang tua nya ngajak si bocah itu rafting .
Masih rombongan dan pemandu di goa pindul kita pun ber rafting ria di kali oyo. Yang ini lebih memacu adrenaline .arus yang kuat dan gelombang air yang gede menambah rasa rafting yang hanya memakai ban  saja. Hehehe..
goa pindul

Kali oyo memberiakan hypnotis bagi kami yang lagi rafting. Pemandangan asri alami menemani setiap perjalanan. Sungai nya lebar dan bebatuan tebing yang mengelilingi serta terdapat air terjun juga.pokoknya menyenangkan. Pengalaman yang mengasikan mengitari kali oyo.
Adventure goa pindul  dan kali oyo pun memberikan sensasi tersendiri dan ini amazing bgt lah..!!!
Selesai rafting kita pun istirahat sejenak sambil minum- minum. Badan mulai fit dan segar tenaga pun pulih kembali. Kita langsung memtuskan untuk lanjut perjalanan, dan kali ini kita ke pantai yang ada di gunung kidul. Perjalanan ke pantai pun lebih jauh dari goa pindul. Hampir 2 jam an. Sepanjang jalan hanya bukit dan hutan menenamni perjalanan kita. Naik turun berkelok dan untung jalan dan aspal bagus jadi kita bisa leluasa dalam berkendara. Sampai juga akhirnya kita di pantai , tapi disitu banyak pantai yang bagus –bagus. Tapi kali ini kita ke pantai indrayanti pantai yang ujung. Samapi di pantai indrayanti pengunjung pun rame juga.  Kita langsung parkir motor dan mencari makanan ,laper banget cuy…soalnya Cuma makan pas  sarapan doing .heheh..
Untuk makanan dan minuman masih relative murah lah. Makan sudah kenyang pun datang..mata mulai ngantuk  juga. Angin sepoi sepoi menambah nikmat . lanjut lah..jalan jalan di pantai. Pantai indrayanti pasir nya putih bersih dan ombaknya gede. Namanya juga laut selatan.ya ga…??. Di bibir pantai banyak semacam bukit- bukit batu yang menjulang tinggi bagus pas buat menikmati sunset. Kita pun memilih langsung ke bukit yang tinggi itu. Pas mau naik ada semacam tiket masuk tapi seiklhasnya sech..its ok.lah. di atas bukit terlihat pantai yang panjang dengan pasir putih yang menakjubkan dan ini keren banget. Tak ketinggalan kita jepret jepret sana sini dengan slr maupun hp.tetep nrsi dimanapun dan kapan pun.ciahhh wkwkwk.
Hari muai gelap kita pun tak ketinggalan moment sunset nya. Dan ternyata benar kala sang surya mulai tenggelam kita pun tercengang dengan sunset yang awesome banget.,,kereeen..kereeen,,,hari pun mulai gelap dan kita memutuskan untuk menyudahi petualangan hari ini.
Perjalanan balik pun tak kalah seru dan menantang banget. Gelap menyusuri hutan jalan naik turun dan gerimis pun menemani perjalanan kita kali ini. Samapi dirumah maryono sekitar jam 8 malam.
Sampailah dirumah. Mandi..makan..dan istirahat lagi.lagi lagi besok nya adventure lagi..hehe mumpung masih di gunung kidul.
To be continue…!!!



sunset pantai indrayanti gunung kidul jogja



0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More