About

Sunday 21 December 2014

Dataran tinggi dieng - wonosobo

Kali ini edisi travelling besama rombongan dari Jakarta dengan tujuan dataran tinggi dieng wonosobo. Saya dan 3 temen seperjuangan yaitu juple,maryonex dan fredi . untuk mempersingkat waktu menulis dan kali ini juga gue lagi males untuk menulis secara detail banget. Toch juga ga penting kali ya…??? Heee…
Oke lanjut…!!! Kita meeting point di stasiun kota, jumat jam 9 malam sekalian pembagian ticket kereta. Sekitar 40 orang yang ngikut . kami menggunakn kereta ekonomi jurusan purwokerto. Wuih suasana di dalam campur aduk lah..ya namanya juga kereta ekomomi. Sumpek sempit rame pokonya nano nano banget lah. Tapi itu asyiknya..memberikan nuansa yang berbeda dengan yang lain. Kita bisa ngobrol dengan orang2 disekitar. Pokoknya asyiklah…hmmm.

Perjalanan kereta Jakarta – purwokerto memakan waktu hampir 12 jam. Badan terasa pegel susah digerakin, bayangkan saja 12 jam bray,,kita standby di dalam kereta dengan tempat duduk yang kurang..sekali lagi kurang nyaman. Sesampai di stasiun purwokerto kita siap-siap untuk ngumpul untuk breafing untuk selanjutnya. Panitia breafing ini itu lah dan sekalian pembagian bis untuk perjalanan di lanjut ke wonosobo. Sebelum itu kita ngisi perut yang dari sore belum diisi sesuap nasi .laperrrr..pake bgt. Menjelajah kuliner sekitar kawasan stasiun ,dan kita berempat tertuju warung makan sederhana dengan menu sederhana dan harga nya pun sederhana.wkwkwk…”:hidup itu harus sederhana begitu pesen emak,,!!!.lah kok jadi curhat sech,,hadew,,!! .
Lanjut..kalian luar biasa…!! (gaya ariel noah ) .bis pun berangkat ke wonosobo . lumayan lah perjalanan dari purwokerto ke dieng wonosobo sekitar 2,5 jam . api selama perjalanan kita bakal disuguhi pemandangan dan bukit yang indah dan anti macet plus udara yang sejuk di kisaran pukul 12 siang.
Fix kami rombongan tiba di dataran dieng menjelang sore pukul 3sore an . langsung chek in home stay, makan mandi dan istirahat. Badan mulai seger dan bertenaga , kami pun bersiap siap untuk explore kawasan dieng.
Tempat yang kita pertama kunjungi adalah dieng plateu theater. Disana kita bisa melihat film documenter tentang dataran dieng dan sejarah serta budaya orang- orang dieng. Disini kita dapatkan edukasi .yeah…prok prok ,,prok,!!!!,jadi... disaat traveling kita bisa dapatkan ilmu juga ga sekedar senang- senang doank. Ya ,,ga,,ya,,kan,,ya,,iya,,,!!,.kok maksa gini sech gue..

dieng plateau theater

Selanjutnya kita ke telaga warna dimana tempatnya di dekat dieng theater. kita Cuma jalan lewat belakang melewati hutan kecil dan pepohonan yang rindang dengan jalan setapak kita bisa tembus ke samping bagian telaga warna. Wuihh..airnya sudah kelihatan dari jauh warna air nya hijau payau yang nyala .sesampainya ditelaga kita di suguhi pemandangan yang menakjubkan . sungguh indah ciptaan Mu ya Tuhan. Menikmati telaga nan indah disore hari tak ketinggalan jepret –jepret dengan seribu gaya kita lakukan. Sampai-sampai kita keasyikan tanpa inget waktu. Dengan waktu yang sebentar rasanya kurang puas untuk menikmati pemandangan yang sebagus ini. Panitia pun bergegas ngasih kode untuk tempat selanjutnya yang akan kita datengin.
telaga warna

Kawah sikidang itulah tempat yang kita akan explore. Dengan perjalanan 5 menit dengan bis kita sudah sampai di kawah sikidang. Hari mulai gelap menjelang magrib di tambah awan yang gelap menemani kita saat explore si kawah tersebut. Eh bener juga..pas nyampai di kawahnya..gerimis pun turun. Ya terpaksa sekali kita hanya bisa melihat dan menikmati kawah sikidang tanpa jauh jauh. Hujan turun lumayan gede kami berteduh di warung warung yang jualan makan. Tapi ga beli sech..heeee..ga sempet..!! bukannya ngirit loh ya,,,!! Lagi ga mood ..wkwkwk. hujan pun tak henti..juga beberapa menit, kami pun bergegas menuju ke bis dengan lari. Takut kebasahan ..dingin mas /mba brow..ga hujan aja dingin apalagi hujan..coba bayangin dech,! Brrrrr..hari pun sudah gelap dan akhirnya kita kembali ke bis dan balik ke home stay.

Menjelang malam kita gunakan waktu untuk jalan-jalan menikmati suasana dieng. Ya sekedar jalan jalan doank siapa tau kita dapat rezeki nomplok. Heee…!!! Muter muter di kawasan sekitar homestay yang dingin tanpa tujuan,,lumayan sepi suasana malam di dieng ,mungkin juga pada standby di dalam pada males keluar kali yech,,!! Hanya beberapa wisatawan yang mondar mondar dan terlihat sibuk para pendakian di pos pendakian.  Laper juga setelah jalan jalan. Akhirnya kita menikmati semangkok bakso. Seger buat ngangetin badan yang menggigil. Lanjut kita belanja perlengkapan buat nanjak ke puncak. Dapat juga kupluk, sarung tangan dan shall dengan harga yang murah. Itu aja sempat nawar loh..harga nya sekitar 10 rb an. Si fredy malah nyari tongsis segala..haa buat grovie di puncak. Sayangnya jarang yang ga tahu orang-orang dieng.malah ada yang tahu nya sosis.haaa..gue Cuma ketawa. Ya walaupun ada tapi harga nya 150 an.wadaw…mahal bgt.di bekasi aja 40 rb.ckckc.akhirnya harapan si fredy pupus untuk mendapatkan tongsis alias tongkat narsis. Oke lupakan tongsis ya..ga usah di pikirin.

Pulang ke home stay setelah jalan-jalan kita istirahat untuk persiapan penanjakan ke puncak sikunir.
Panitia pun sudah memberikan info bahwa waktu untuk persiapan nanjak ke puncak sikunir jam 2 pagi.ya walaupun seharian kita ga tidur tapi pas malem ga bisa tidur. ga tahu kenapa mungkin terlalu seneng kali ya..!! tidur hanya sejam panitia sudah memberikan aba-aba untuk bangun . mata ngantuk bgt masih pengen molor. Tapi ga papalah ..kita persiapin semua untuk pendakian. Jam 3 teng kita jalan dari home stay dengan bis menuju puncak sikunir.  Nyampe setengah 4pagi ternyata sudah rame banget .langsung kita mulai penanjakan. Dunia masih gelap dan dingin menusuk tulang . terjal dan licin ,bebatuan yang kita injak sepanjang perjalan membuat  terasa banget. Hanya senter kecil yang menemani untuk penerangan jalan. Semakin ke atas semakin menanjak ga tahu samping jurang-jurang soalnya masih gelap, jadi ga terlalu ngeh kanan kiri yang penting focus jalan kedepan. Akhirnya nyampe juga di puncak  . menunggu sang surya muncul saya sibuk melihat pemandangan kanan kiri yang begitu indah nya. Subhanallah..sungguh mahakarya yang sempurna. Tak ketinggalan saya abadikan moment ini. Menjelang sang surya keluar eh..kabut pun datang.ya..akhirnya sunsetnya pun tak bisa  sepenuhnya kita nikmati. Hanya sesekali keluar itu pun beberapa menit. Tapi ga kenapa lah..sudah sampai puncak sikunir pun aku sudah bersyukur banget bisa diberi kesempatan untuk menikmati ciptaanMu yang indah ini. #THANK GOD I’M HERE #PUNCAK SIKUNIR.

ngE grovie di atas puncak..gue, juple,fredy n maryonex

Lumayan cukup waktu yang kita habiskan di puncak dengan foto-foto.akhirnya kita putuskan kembali ke bis baru bebrapa langkah sudah macet perjalanan…waduhh..melihat ke bawah sudah berkumpul ribuan manusia yang berjubel.kaget di buatnya…rame banget Perjalannan turun puncak di banding naiknya. Nikmati ajalah…!!!

lautan manusia di puncak sikunir

Ternyata pemandangan di pagi hari lebih indah terlihat puncak gunung dan danau yang di kelilingi tenda menambah keindahan tersendiri. Dieng dieng…indah banget.
Pukul 8 siang kita balik ke home stay. sesampai di home stay kita pergi lagi untuk mengunjungi tempat terakhir yaitu candi arjuna.

candi arjuna

Dari home stay ke kawasan candi lumayan deket . jadi kita ke candi dengan jalan kaki. Kami hanya sempet lihat –lihat sebenter dan foto foto di candi arjuna.dan balik lagi ke home stay untuk bersiap siap untuk balik lagi ke Jakarta.
hari minggu Jam 1 siang kita sudah meninggalkan home stay  untuk menuju stasiun purwokerto dengan bis. Diperjalanan kita berhenti sebentar untuk menikmati mie ongklok dan membeli oleh –oleh. Dan di lanjut lagi perjalanan ke stasiun purwokerto. Sampai di purwokerto jam 4 sore .langsung check in ticket dan cuzz..perjalanan balik ke Jakarta pun dimulai. Istirahat total dikereta selama perjalanan. Sesampai di bekasi senin jam 4 pagi. Dan balik ke rumah nyampe jam 5.pagi dengan selamat..!!
Sekian cerita perjalanan saya ke dataran tinggi dieng –wonosobo. Jawa tengah.
#tapi indah indah sekali owh indah sampai di hati..#DIENG.