About

Friday, 4 July 2014

backpacker#1 @cirebon

Rencana untuk backpacker pun akhirnya terealisai . Kali ini tujuan ke cirebon,Tepatnya ke makan Sunan Kali Jaga dan kesepuhan cirebon. Saya berdua bareng temen saya, berangkat dari cikarang terus ke karawang dan langsung menuju ke stasiun Cikampek.karena kami ke cirebon menggunakan kereta api karena waktu tempuh lumayan cepat sekitar 2 jam an.dan itu pun pertama kali saya dan teman saya menggunakan kereta api. Tanpa rasa ragu kita langsung tanya bagaiman cara-cara menggunakan kereta api kepada petugas..waduhhh,,keponya diriku...haeee..!!!.
Sambil menunjukan tiket kepada petugas akhirnya ketemu juga tempat duduknya. Yaa,,walaupun kelas ekonomi tapi rasanya senang bgt..dasar katro,,begitu saya lontarkan kata kepada teman saya sebaliknya pun dia mengatakan katro...wkwkwk.
jug..ki jag..ki jug..kereta berangkat..jug ki jag ki jug,,hatiku gembiraa.....!!! begitu pas nyanyian saat itu kita kumandangkan.


Diperjalanan disuguhkan pemandangan yang begitu indah..tanpa henti mata terbelalak, padahal dari semalam belum tidur karena kita berdua baru saja pulang kerja malam. bercerita kesana kemari sambil diringi ketawa yang tanpa beban pun mengiringi perjalanan ke cirebon. Dua jam sudah berlalu akhirnya nyampe juga di stasiun cirebon. Bingung pas turun dari kereta .bukannya bingung gimana gimana..tapi gak tahu arah ke selanjutnya kemana...haaaaa...!!! pede aja ...cuek aja..seolah olah biar orang lain kita ga kelihatan kebingungan...padahal sich,,ga tahu harus kemana . Pas keluar dari stasiun teringatlah perut yang belum di isi dengan nasi. akhirnya aku inisiatif bagaiman kalo makan dulu..biar ga kelaparan nantinya. pas banget di depan stasiun ada makanan khas kota udang ,yaitu Empal Gentong...wuih..pikiran ku langsung enak pasti ...!!
Buu...pesen empal gentong 2 mangkok..!! tak lama langsung datang tuch makanan..wuih ..dari aroma seger dan bikin perut langsung keroncongan . langsung tancep aja tuch si emapalnya tanpa lama-lama. ahhh...akhirnya kenyang juga..dua porsi Empal Gentong dan 2  esteh,,teus krupuk hanya di hargai cuma 45 ribu..murah,,lah..heeee,,,!!!enak lagi..
sebelum jalan saya tanya kepada si penjual empal, mba..kalo mau ke makam sunan gunung jati naik nya apa ya,,,??? naik angkot bayar nya 3000, terus turun disini.ya,,mba makasih .padahal agak sedikit kurang paham..ehhehe  hirnya saya juga menghubungi bapak dosen saya yang kebetulan tinggalnya di cirebon.aku coba sms..eh malah bapaknya nelpon,,dan ngasih tahu arah nya dan tempat-tempat yang mau kita tuju..dan alhamdulilah..tahu dan paham.
setelah makan kami berdua jalan menuju jalan raya dan mencari angkotan sambil melihat kanan kiri ke indahan kota cirebon sambil jepert -jepret.
akhirnya naik angkot jurusan menuju ke makam sunan gunung jati.di dalam angkotan pun saya bertanya pada ibu -ibu yang disamping saya.
bu..ini angkotan jurusan ke makam..(ya,,mas bener,,emang masnya mau kemana,,?? )
mau ke makam sunan gunung jati..akhirnya saya berbincang bincang sama ibu nya jadi sedikit tahhu tentang cirebon,,ya,,sedikit..sech..!!
nyampai juga di pintu masuk area makam sunan gunung jati..alhamdulilah..sambil mnegucap syukur dan bangga bisa nyampai ke makam sunan gunung jati.sambil berjalan menuju makamnya. dalam hati kok..ini sepi bgt..padahal pas aku kesini rame,,apa mungkin besok puasa ramadhan kali ya,,??.
sepanjang jalan menuju makam begitu sepi ga seperti hari-hari biasanya yang begitu rame. berhenti sejenak dan istirahat akhirnya waktu menunjukan hampir puku 4 sore. saya dan teman saya langsung ke masjid untuk sholat ashar. masjid sunan kali jaga yang terletak di belakang makam begitu indah .detak kagum saya tak henti henti nya.begitu realnya peninggalan pada masa itu sampai bertahan kokoh dan kuat sampai saat ini. masjid yang model nya masih asli dan banyak keramik ,piring dan mangkok - mangkok kecil khas cina yang menempel di dinding masjid menambah ke unikan sendiri. akhirnya saya dan teman saya langsung bergegsa ambil wudhu. pas mau sholat..orang-orang yang di dalam masjid serasa aneh melihat saya mau sholat ashar. aku pun jadi bertanya- tanya .setelah sholat ashar suara bedug di bunyikan..sontak muka saya dan teman saya langung kebingungan. kok baru ashar jam segini..padahal sudah jam 4 sore. kami ber dua keluar menuju teras masjid dan masih dalam kebingungan yang menyelimuti nya.
Jam menunjukan masih pukul 4.dari pada lama menunggu maghrib mending kita jalan-jalan .akhirnya kita jalan -jalan menuju makam gurunya sunan kali jaga(syekh Dzatul Kahfi ).yang terletak di seberang jalan . Didalam kawasan makan tersebut banyak makam-makam yang lain tapi tak tahu makam siapa saja.eh,,pas mau menuju makam syekh dzatul kahfi pintu nya mau ditutup.mungkin sudah mau magrib. sambil menanyakan orang disekitar..kok jam segini makam sudah mau ditutup.? ya,,mas soalnya waktu nya sudah mau magrib..dan mungkin malam mau pada tarawih,,ntar habis tarawih dibuka lagi kok.soalnya biasa rame kalo malam nya,
akhirnya kami balik lagi ke makam dan masjid sunan kali jaga.untuk sholat magrib.sebelum sholat saya tanya kepada warga sekitar tentang shoalt ashar tadi.
pak..mau tanya,,kok tadi saya sholat ashar.jam 4.setelah sholat kok disini baru adzan..kan saya jadi bingung..
owh,,ya mas..disini memang begitu..kalo ashar disini agak beda dengan yang lain .tapi gpp,,kok mas,,
ternyata disitu sholat asharnya sekitar jam 4 an..dan itu pun menjadikan pembeda dengan yang lain.
sholat maghrib dilanjut sholat isya da tarawih pun saya laksanakan di masjid sunan gunung jati,alkhamdulilah....
setelah itu kami langsung ke makam sunan kali jaga. pas pintu masuk di jaga kuncen sekitar 10 orang atau lebih. langsung mengisi daftar tamu dan menuju pintu dimana biasa para peziaran berkumpul dan berdo'a. sepi..bahkan hampir ga ada peziarah di makam tersebut. hanya kami berdua..dan 1 orang yang sedang mnegaji.
selepas mengaji dan berdoa ,saya ngobrol-ngobrol sama satu oraang yg lagi ziarah tadi tentang makam suana gunung jati .akhirnya sedikit ngerti tentang makam sunan gunungjati. jam hampir pukul 11 malam tapi kita bingung mau nginep di masjid apa mau ke kesepuhan. akhirnya kami kesepuhan malam-malam sambil naik angkot.
dan turun dipertigaan bahagia terus naik becak menuju kesepuhan.
suasan nya rame dan banyak orang yang berjualan makanan dipinggir jalan .sambil muter - muter kesupahan dan makan -makan jajanan khas cirebon. pukul 12 malam kita memutuskan untuk nyari hotel.setelah pikir -pikir akhirnya batal juga bermalam di hotel. dan berakhir bermalam di masjid agung kesepuhan cirebon....heeeaaee,,,,lumayan lah,,!!!
pukul 3 pagi bangun dan kami memutuskan untuk balik lagi kecikarang di karenankan ada urusan mendadak.padahal rencana balik ke cikarang jam 2 siang,tapi ga apa apalah,,!! .kami pun segera menuju ke stasiun.sambil jalan sambil nyari warung untuk sahur,,eh,,malah kebablasan ga ada sama sekali orang yang jualan makanan sepanjang jalan ,bahkan angkotan pun tak ada juga..bingung jadinya,,akhirnya hampir setengah jam berjalan ketemu juga agkotan tapi kosong , untungnya angotan itu mau di carter ke stasiun.nyampe ke stasiun pas adzan subuh. akhirnya kita pun tak sahur karena waktu pun sudah tidak memungkin kan..sedikit kecewa tapi ya sudah lah yang penting kita sudah niat.
waktu hampir pukul 4 pagi kami pun bergegas pesan tiket kereta api untuk pulang.alhamdulilah dapat tiketnya..dan langsung jalan tuch kereta apinya.diperjalanan cuma tidur seras capek bgt ini badan.nyampe cikampek jam 6.30 pagi dan langsung balik ke cikarang .
akhirnya perjalan backpacker yang pertama kali begitu banyak cerita yang sungguh tak bisa dilupa dan banyak ilmu juga yang kami dapat dan semoga menjadi berkah /Aamiinn,,,,,,!!



cirebon,28-29 juni 2014



2 comments:

Oke juga nih petualangannya... :D

Mencoba belajar menjadi si bolang...😄😃😄😃

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More